Translate

Kamis, 05 Mei 2016

Bekerja Halal Jangan Sampai Dapat Uang Yang Haram

Kamis, 5 Mei 2016

https://johanesekajaya.com/wp-content/uploads/2015/06/Yohanes-Chandra-Ekajaya3.jpg
Sumber picture : https://johanesekajaya.com/wp-content/uploads/2015/06/Yohanes-Chandra-Ekajaya3.jpg


Selamat malam temen-temen.. :D
Ketemu lagi sama Husna. #Abaikan.
Ok, judul artikel aku kali ini mungkin lebih extrim atau gimana lah ya. Tapi, kebenarannya emang gitu. Karena aku udah bergabung di dunia kerja, udah lebih tau kerja itu gimana. Jadi, aku menemukan beberapa hal yang berhubungan dengan ketidakhalalan hasil yang kita dapat, padahal itu masalah sepele.
Aku menyadari akan hal itu dan mulai memahami. Jadilah aku menulis artikel ini. Tujuan ku cuman pengen agar kalian bisa merenungi dan merubah kebiasaan yang mungkin kalian anggap sepele.

1. Korupsi Waktu
Waktu, walaupun cuman 1 menit tetap saja itu dianggap korupsi. Setiap menitnya kalian itu dibayar. Setiap menitnya kalian itu digaji. Jadi, kalo kalian telat 1 menit aja, itu udah dianggap makan gaji buta lah istilahnya. Jangan sampai menyepelekan hal ini.

2. Memanfaatkan Orang Lain
Yang ini lebih kepada kerja team. Kalo saat kalian kerja, kalian lebih memilih santai dan melihatkan teman kalian mengerjakan pekerjaan yang mungkin itu seharusnya kerjaan kalian, yaa udah jelas namanya makan gaji buta.Kalian kerja dibayar, jangan sampai makan keringat orang. Ingat dosa yaaa....

3. Korupsi Uang
Wahh.. Kalo yang ini pasti jelas keliatan haramnya. Pasti dosa lah. Kalo uang itu bukan hak kamu, jangan dipakai ya. Ngambil uang orang itu dosa. Walaupun sedikit, tetap saja dosa. Jangan sampai kita kerja halal malah dapat uang yang haram, cuman gara-gara kita gak bisa mengendalikan nafsu kita. Jaga imannya yaa..

4. Mengambil Yang Seharusnya Tidak Boleh Diambil
Mungkin itu hanya hal sepele, jadi kalian gak nyampe berfikir kalo itu sebenernya dosa juga. Padahal kalian sudah tau kalo itu gak boleh, tapi tetep aja ngambil.
Saya ingatin lagi ya, kalo emang gak boleh ya jangan. Kalian cuman cukup ingat dosa. Udah itu aja, pasti kalian gak terhasut bujukan setan. Banyak-banyak istighfar ya.

5. Cheating
Main curang ini sudah jelas-jelas dosanya. Jadi lebih baik dihindari ya teman-teman. Jangan sampai kalian melakukan kecurangan dalam kerjaan kalian.

Yaa intinya jangan melakukan hal yang tidak boleh dilakukan. Jangan mencuri apapun ditempat kerja kalian. Patuhi atasan kalian, jangan menghinanya. Setidaknya hargai mereka. Jaga nama baik tempat kerja kalian, meski tidak membuat kalian kaya, tapi mampu membuat kalian bertahan hidup. Bekerja lah seikhlas nya, insya Allah akan mendapatkan hasil yang memuaskan. ;;)

Sekian, semoga bermanfaat. :))